15 Contoh Curriculum Vitae Fresh Graduate SMK yang Terbaru

Contoh Curriculum Vitae Fresh Graduate SMK – Di tahun ini, sudah tercatat hingga 500 ribu lebih pelamar pekerjaan. Jumlah tersebut tentunya lebih besar jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Dari banyaknya tersebut, salah satunya diakibatkan banyak lulusan SMK yang sebelumnya menganggur atau baru lulus.

Untuk mendapatkan pekerjaan, tentunya para pelamar harus mempersiapkan diri. Baik itu softskil, pengetahuan, dan dokumen syarat. Seperti halnya pelamar harus membuat CV menarik. Cara untuk mendapatkan CV menarik bisa melihat contoh Curriculum Vitae Fresh Graduate terbaru.

Dengan mencari contoh Curriculum Vitae Fresh Graudate SMK, kantor atau perusahaan bisa mempertimbahkan atau memberikan nilai tambah bagi pelamar. Selain melihat contoh, para pelamar juga perlu memerhatikan bagian penting di CV, sehingga bisa lebih menarik.

Nah, jika kamu sedang bingung membuat CV, Rightsoup akan membantu dengan menyediakan contoh Curriculum Vitae Fresh Graduate SMK tidak biasa. Selain itu, juga penulis akan berikan tutorial membuatnya. Silakan simak saja artikel ini hingga selesai.

Apa Itu Curriculum Vitae Fresh Graduate

Curriculum Vitae atau CV merupakan sebuah dokumen berisi tentang pribadi seseorang. Pada umumnya, CV digunakan sebagai dokumen untuk melamar pekerjaan. Lalu apa artinya Fresh Graduate. Kata tersebut artinya lulusan baru. Jadi, Curriculum Vitae Fresh Graduate adalah dokumen berisi tentang seorang siswa yang baru lulus dari sekolah.

Bagian Penting Di Curriculum Vitae Fresh Graduate

Setelah mengetahui pengertian dari CV Fresh Graduate SMK, kali ini penulis akan beritahu bagian-bagian terpenting yang harus ada di dalam CV. Kamu bisa menyesuaikan dengan bagian terpenting di bawah ini. Berikut penjelasannya.

1. Biodata Diri

Bagian pertama yang perlu ada di Curriculum Vitae Fresh Graduate adalah biodata diri. Di bagian ini, kamu perlu menulis beberapa data pribadi kamu secara singkat, jelas, dan padat. Perlu diingat, bahwa biodata yang ditulis adalah hal umum, bukan hal privasi seperti jumlah keluarga, agama, zodiak, dan golongan darah.

Selain menuliskan biodata diri, kamu juga perlu menyertakan foto firi. Usahakan gaya fotonya simpel, rapi, dan formal. Hal tersebut agar kamu terlihat profesional. Selain itu, sertakan juga informasi narahubung seperti nomor telepon dan email untuk dijadikan sebagai sumber informasi terkait lamaranmu.

2. Latar Belakang Pribadi

Lalu, bagian kedua yakni latar belakang pribadi atau deskripsi singkat pribadi. Dalam penulisan bagian ini, kamu perlu menceritakan singkat perjalanan kamu pada waktu sekolah. Contohnya pernah menjadi ketua OSIS, tentang riwayat sekolah, jurusan, dan lain sebagainya.

Berikut ini adalah contoh latar belakang pribadi yang terbaru

Lulusan dari SMK Bina Husada, jurusan Teknik Kendaraan Ringan dengan pengalama magang selama 3 bulan di PT Astra Honda Motor sebagai Customer Relation Controller. Pernah menjadi ketua OSIS SMK Bina Husada selama satu periode.

3. Riwayat Pendidikan

Di bagian ketiga, kamu perlu menampilkan riwayat pendidikan. Alangkah baiknya, cantumkan dua jenjang pendidikan terakhir saja. Lalu untuk penulisan, urutkan dari pendidikan terakhir ke pendidikan sebelumnya. Di riwayat pendidikan, kamu juga bisa menampilkan pendidikan non formal. Misalnya, kursus bahasa Inggris, kursus pelatihan service sepeda motor, atau lainnya.

Contoh format penulisan riwayat pendidikan

– SMK Bina Husada, Jurusan Teknik Kendaraan Ringan, 2019-2023
– SMP Bina Husuda, 2015-2019

4. Pengalaman Kerja atau Organisasi

Kemudian, bagian terpenting lainnya yaitu pengalaman organisasi. Meski baru lulus dan memiliki pengalaman kerja, di bagian ruang ini bisa kamu isi pengalaman organisasi atau magang. Akan tetapi, usahakan pengalaman organisasi atau magang yang dicantumkan adalah pengalaman yang berada di sekolah atau yang sesuai dengan pekerjaan di instansi atau perusahaan yang kamu datangi.

Dalam penulisan, usahakan ditulis secara urut dari yang tahun lama hingga tahun terbaru. Misalanya contoh penulisan pengalaman organisasi di bawah ini.

– Ketua OSIS SMK Bina Husada, 2020-2021
– Customer Relation Controller PT Astra Honda Motor, 2021

5. Kemampuan

Bagian terpenting terakhir di dalam Curriculum Vitae Fresh Graduate SMK yakni kemampuan pribadi. Kemampuan ini bisa mulai dari soft skills, hard skills, bahasa, microsoft, dan lain sebagainya. Pencantuman kemampuan ini sangat penting, dikarenakan sebagai nilai tambah oleh perusahaan.

Agar lebih menyakinkan, kamu perlu mencantumkan sertifikat kemampuan. Misalnya Toefl bahasa Inggris, sertifikat privat microsoft, piagam penghargaan juara, dan lain sebagainya.

Beberapa Contoh Curriculum Vitae Fresh Graduate SMK yang Menarik

Setelah mengetahui banyak hal tentang CV Fresh Gradute SMK, selanjutnya penulis akan memberikan berbagai contoh Curriculum Vitae Fresh Graduate terbaru, menarik, dan terpecaya.

Curriculum Vitae Fresh Graduate SMK Jurusan Akuntansi

Curriculum Vitae Fresh Graduate SMK Jurusan Akuntansi

Curriculum Vitae Fresh Graduate SMK Jurusan Marketing

Curriculum Vitae Fresh Graduate SMK Jurusan Marketing

Curriculum Vitae Fresh Graduate SMK Jurusan Teknik Otomotif

Curriculum Vitae Fresh Graduate SMK Jurusan Teknik Otomotif

CV Fresh Graduate SMK Jurusan Administrasi Perkantoran

CV Fresh Graduate SMK Jurusan Administrasi Perkantoran

CV Fresh Graduate SMK Jurusan Perkantoran

CV Fresh Graduate SMK Jurusan Perkantoran 1

CV Fresh Graduate SMK Jurusan Tata Busana

CV Fresh Graduate SMK Jurusan Tata Busana

CV Fresh Graduate SMK Jurusan Farmasi

CV Fresh Graduate SMK Jurusan Farmasi

Strategi Membuat Curriculum Vitae Fresh Graduate SMK yang Menarik

Nah, selain mendapatkan banyak contoh CV Fresh Graduate SMK di atas, kamu juga akan mendapatkan strategi dalam membuat CV menarik. Strategi ini sangat penting sekali kamu ketahui, karena banyak sekali pelamar-pelamar kerja di luar sana ingin kerja cepat, tapi dalam membuat CV masih salah. Nah, berikut strategi-strategi dalam membuat CV menarik agar cepat diterima kerja.

1. Buat CV yang Singkat

Usahakan Curriculum Vitae yang kamu buat singkat, padat, dan jelas. Strategi ini difungsikan agar pimpinan perusahaan cepat mengetahui data pribadi kamu.

2. Menunjukkan Kemampuanmu

Kemudian, jangan malu mencantumkan atau menunjukkan kemampuan yang kamu miliki. Bagian ini sangat penting, karena setiap kemampuan yang disertakan akan menjadi nilai tambahan dari perusahaan.

3. Tidak Membuat CV yang Sama

Lalu, usahakan tidak membuat desain CV yang sama, meski berbeda perusahaan. Hal ini, bertujuan agar CV yang dibuat selalu terbaru, dan perusahaan lebih suka.

4. Mengecek Tata Bahasa

Selanjutnya, jangan lupa selesai membuat CV, cek kembali tata bahasa,mulai dari kata, kalimat, paragraf, dan tanda baca. Sehingga nantinya pembuatan CV kamu sempurna.

5. Pakai Font Terbaru

Strategi kelima yakni pakailah font atau huruf terbaru. Sehingga nanti perusahaan menganggap kamu tidak terbelakang dalam dunia teknologi.

6. Gunakan Kata Kunci yang Relevan

Terakhir, gunakanlah kata kunci yang relevan. Maksudnya, kata kunci ini adalah seperti kualifikasi dan kriteria pekerjaan yang diinginkan oleh perusahaan.

Kesimpulan

Membuat Curriculum Vitae Fresh Graduate adalah hal yang mudah, yang sulit adalah bagaimana kita bisa memanfaatkan ruang kosong sehingga bisa terisi oleh tentang kita yang menarik. Itu adalah poin penting dari membuat salah satu dokumen pelamar pekerjaan.

Dengan adanya contoh Curriculum Vitae Fresh Graduate SMK dari Rightsoup, kiranya bisa membantu para pelamar pekerjaan dalam membuat CV. Semoga dengan adanya artikel ini bisa memperlancar para pelamar untuk mendapatkan pekerjaan yang diidam-idamkan.

Sumber Gambar : Admin Rightsoup.com